Waduk Sempor


WADUK SEMPOR adalah HAMPARAN air beriak kecil dalam sebuah wadah alam yang sengaja dibuat oleh manusia atau biasa disebut dengan istilah waduk, yang menyatu dengan perbukitan hijau disekitarnya, merupakan pemandangan cantik yang bisa kita temui di obyek wisata Waduk Sempor, sebuah obyek wisata yang menyimpan beribu pesona dan cerita.

Sangat mudah dijangkau dengan alat transportasi darat, alam permai yang tak kalah indahnya dengan obyek wisata di daerah lain ini, bisa kita nikmati dengan seksama.

Obyek wisata Waduk Sempor memang bukanlah nama yang asing lagi bagi dunia kepariwisataan kita. Dibalik fungsinya sebagai sarana irigasi teknis bagi ribuan hektar sawah di wilayah Gombong, waduk ini juga menyimpan potensi yang besar sebagai obyek wisata. Selain daya tarik alamnya yang begitu besar, obyek wisata ini juga dilengkapi dengan berbagai sarana pendukung, antara lain wisma-wisma penginapan yang bisa disewa secara perorangan maupun rombongan. Selain sebagai obyek berwisata, tempat ini juga cocok dijadikan tempat untuk seminar, rapat kejra dan kegiatan lainnya, karena selain tempatnya tenang, juga memiliki sarana yang memadai untuk kegiatan tersebut.

Daya tarik utama obyek wisata ini adalah alamnya. Waduk seluas puluhan hektar yang terletak di Desa Sempor, Kecamatan Sempor ini, bila diamati begitu mirip sebuah danau alam yang dipagari oleh perbukitan. Perbukitan tersebut ditanami ribuan batang pohon pinus oleh Perhutani yang dalam waktu-waktu tertentu disadap getahnya.

Dengan dukungan iklim yang memiliki curah hujan cukup melingkari sang "danau". Walhasil, harmoni alam yang tercipat dari perpaduan waduk dengan sang sabuk hijau merupakan lukisan hidup yang begitu mempesona. Melihat riak-riak air di danau buatan itu, ketenangan seakan menyelusup ke dalam jiwa sanubari kita. Menatap hamparan pinus, sepertinya kita mendapatkan kesejukan dan keteduhan yang tiada tara. Mendapatkan suguhan yang sungguh memperkaya batin seperti itu, seolah diri kita enggan beranjak dari tempat ini.

Mungkin Anda bertanya-tanya, apakah cukup hanya itu saja yang bisa kita peroleh di obyek wisata ini, Tentu saja tidak, Sebab masih banyak yang bisa kita peroleh di sini, asal kita mau bersabar hati meluangkan waktu menelusuri kompleks waduk ini secara menyeluruh. Kendatai waktu yang kita butuhkan untuk bisa merasapi semua itu memang tidak sedikit, namun insya Alloh Anda tak akan membelenggu jiwa kita, akibat kesibukan dan rutinitas kerja, tak salah.... di sinilah tempat yang tepat untuk Anda pilih.

Kompleks Obyek Wisata Sempor bisa kita nikmati dari dua arah. Arah yang pertama yaitu setelah pintu gerbang yang dijaga oleh petugas penarik retribusi, pada simpang tiga yang jaraknya beberapa ratus meter dari pintu gerbang, arah perjalanan kita adalah lurus kedepan. Sedangkan arah yang kedua, pada simpang tiga tadi kita belok kekiri.

Sasaran atau tujuan dari arah yang pertama adalah menikmati keindahan waduk dari dekat. Dengan menyusuri jalan beraspal diatas waduk, kita akan mencapai dermaga perahu. Kita pun bisa menikmati keindahan waduk sambil berperahu motor yang disewakan. Bila kita berhobi memancing, kita bisa memancing dalam waduk. Obyek lain yang bisa kita kunjungi dari lokasi ini adalah Taman Dirgantara yang memajang aneka pesawat terbang tiruan serta permainan anak-anak. Tak lupa, deretan kios penjual makanan juga tersedia disini.

Setelah puas menikmati keindahan waduk dari lokasi ini, kita bisa mengunjungi lokasi yang kami sebutkan sebagai arah yang kedua tadi. Perjalanan menuju lokasi ini cukup mengasyikkan. Selain jalannya berbelok-belok dan menanjak, kita juga bisa menikmati indahnya saluran irigasi yng lebar menyerupai sungai. Di lokasi ini bisa kita jumpai kompleks perkantoran milik instansi pengelola waduk beserta kompleks perumahan yang saat ini sebagian dipakai sebagai penginapan bagi pengunjung. Selain itu, terdapat pula Lapangan Pancasila dan Aula.

Untuk menikmati lokasi ini, sangat dianjurkan untuk berjalan kaki, agar kita bisa sepenuhnya menikmati alam disini. Bagi Anda yang membutuhkan penginapan, bisa memilih kelas yang dikehendaki sesuai dengan selera Anda sebab disini terdapat pula penginapan yang bergaya Jepang.

Dalam hal kesan yang diperoleh, harus diakui lokasi ini memang lebih menjajikan kepuasan ketimbang lokasi yang pertama tadi. Disini kita akan bisa menikmati panorma waduk Sempor dari arah ketinggian. Perpaduan antara waduk dengan sabuk hijau di tambah dengan jalan aspal yang ada didekatnya. Sungguh panorama yang tak akan pernah membosankan bagi mata yang memandangnya. Alhasil, kesan yang kita dapatkan dari obyek wisata yang terletak di sebelah utara kota Gombong ini akan mendalam dan menjadi kenangan seumur hidup kita.

Namun selain waduk bila kita layangkan arah pandangan mata kita ke bagian selatan kompleks penginapan, kita akan mendapatakan pemandangan yang tak kalah menariknya. Bykit-bukit itupun 'bernama', mengambil nama-nama anggota Pendawa Lima dalam cerita pewayangan. Konon di beberapa puncak bukit itu, terdapat pula makam yang dikeramatkan dan dikunjungi peziarah. Selain itu, bila kita tak segan untuk sering bertanya kepada warga sekitarnya, berbagai cerita menarik yang berkaitan dengan bukit-bukit itu akan kita dapatkan. Hal itu tentu saja melengkapi arti kunjungan kita ke obyek wisata ini.

Dapatkan kiriman artikel terbaru ke email anda!

http://www.wego.co.id/hotel?ts_code=b7bf4&utm_source=b7bf4&utm_medium=affiliate&utm_campaign=WAN_Affiliate&utm_content=banner